(Review) Spiderman-Homecoming, serial dengan rasa baru

Siapa yang tak kenal pahlawan super dengan kekuatan jaring laba-laba? Kali ini Spider-Man muncul lagi dalam sosok yang mencerminkan karakter remaja masa kini lewat akting segar pemain muda. Menonton “Homecoming”, para penggemar tak bisa menghindar untuk membanding-bandingkan film ini dengan Spidey versi Tobey Maguire dan Andrew Garfield.

source: marvel

Dengan pemeran baru serta alur cerita yang begitu sangat berbeda dengan dua jenis manusia laba-lama yang lainnya, Spiderman terasa lebih fresh dengan tanpa mengulang cerita yang dulu tapi mempunyai jalinan cerita yang mirip. Peter Parker digambarkan tetap sebagai remaja yang semangatnya menggebu-gebu dalam membasmi kejahatan. Ia sangat antusias untuk menanti misi lain agar bisa kembali beraksi dengan kostum Spider-Man canggih pemberian Tony Stark.

“Spider-Man Homecoming” dibuka dengan adegan yang pernah kita saksikan pada bagian film “Civil War”. Dalam adegan itu ditampilkan Peter Parker yang sibuk membuat vlog untuk mengabadikan proses menuju detik-detik sebelum dia beraksi merebut perisai Captain America sesuai perintah Tony Stark (Robert Downey Jr) alias Iron Man.

Suatu hari, Peter mendapati sekelompok perampok ATM sedang beraksi menggunakan senjata canggih yang terbuat dari batu berkilau misterius. Peristiwa itu kemudian mempertemukannya dengan Vulture alias Adrian Toomes (Michael Keaton) yang beraksi dengan kostum bersayap canggih selayaknya manusia burung, sekilas manusia burung ini mirip dengan yang dulu ada di serial avengers ya gak sih?

Hanya saja sebagai penikmat Spiderman seri lama yang terbiasa menghubungkan Peter dengan MJ, di film ini tidak terasa sama sekali atau bahkan mungkin bakal ada diserial berikutnya mengingat nama MJ baru disebut diakhir yang sosoknya juga bukan seperti MJ yang kita gambarkan tapi versi tomboynya dan bukan penikmat sastra bahkan menjadi seorang kutu buku.

source: marvel

Akan tetapi harus diakui adegan perkelahian dalam film ini lebih terasa intensinya dibandingkan dua model spiderman sebelumnya, apalagi dibumbui dengan teknologi stark yang terdengar ciamik yang tidak saja di Iron man ataupun di Avengers.

Kalau dulu kita merasa jaring laba-laba yang keluar dari tangan Peter itu sangat tidak rasional kemudian dirasionalkan dengan Spiderman Garfield yang menjadikannya sangat ilmiah, di film ini Spiderman menjadi sangat rasional dan mungkin pembuatnya merasa harus menggabungkan keduanya yang tapi tentu saja saya tetap kehilangan sosok Uncle Ben, tidak hanya sosoknya tapi keluarnya kata-kata magis yang masih membekas diingatan banyak orang.

Di IMDB film ini diberi nilai 8.1, nilai yang sangat pantas mengingat ceritanya sangat berbeda, fresh juga penampilan Tom Holland yang dinilai masih cocok jadi remaja berusia 15 tahun, meski usia aslinya enam tahun lebih tua dan memang hanya dia pembeda yang patut diacungi jempol yang membuat kita tidak seperti menonton kaset lama yang diulang-ulang. Tapi Aunt May juga sangat menggoda disini, sutradaranya bahkan berani memasang sosok yang biasanya digambarkan tua renta menjadi wanita cantik dan seksi, berhasil? Perfecto!!

Genre Action, Adventure, Sci-fi Actor Jon Favreau, Marisa TomeiMichael KeatonRobert Downey JrTom Holland
Director Jon Watts Country Usa
Sequence Rating 7.9 IMDb
8.1 /10
Release 05 July 2017 Duration

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *