(Review) Film Toilet – Melawan Status Quo

Kalau banyak orang menganggap negara kita tertinggal, mungkin harus liat dulu film ini. Toilet. Sebuah film yang sarat kritik yang berhubungan dengan kondisi salah satu wilayah di India dimana masyarakatnya masih membuang air di kebun, dan lahan-lahan yang kosong.

Adalah Keshav yang kemudian hadir dalam pusaran konflik budaya tersebut ketika menikah dengan seorang wanita berpendidikan bernama Jaya yang dikenalnya dalam sebuah perjalanan naik kereta. Pernikahan dengan wanita yang mempunyai toilet dirumahnya membawa pemahaman baru baginya dimana sebelumnya Keshav pun rasanya ingin menentang ketika dinikahkan dengan seekor sapi karena menurut ayahnya yang seorang brahmana itu akan menghapus kesialan dalam hidupnya. Kisah budayanya mirip dengan film Philauri awal yang dinikahkan dengan sebuah pohon.

Perjuangan untuk membuat toilet dalam rumah mereka pun menjadi perdebatan yang mengusik banyak orang dalam desa Keshav, Kepala Desa yang tidak ingin merubah budaya dan menganggap toilet yang ada dalam rumah akan mengotori isi rumah serta bau busuknya pula akan mencemari ruangan rumah menjadi ganjalan lain Keshav memperjuangkan adanya toilet di kampungnya selain kekerasan hati ayahnya.

Keshav yang diperankan oleh Akshay Kumar dan Jaya diperankan oleh Bhumi Pednekar bermain dengan sangat baik dalam film ini, Akshay Kumar yang memerankan seorang jejaka tua memang sangat cocok dengan perawakannya, sedangkan Bhumi yang merupakan bintang baru yang sedang bersinar di India begitu sangat kental mewakili kaum perempuan intelektual yang tertindas.

Adegan film ini sangatlah kental dengan kritik tajam, mulai perayaan hari Istri yang dimana para suami menjadi sasaran kemarahan para istri di sindiri begitu jenaka oleh Khesav dan adiknya, sampai bagaimana ayah Keshav ingin mempunyai menantu yang mempunyai dua jempol akhirnya diakali oleh mereka dengan menambah jempol buatan walaupun kemudian ketahuan, sampai betapa radikalnya cara seorang perdana menteri agar semua instansi yang berhubungan dengan pertoiletan sadar bahwa mereka kesusahan apabila tidak mempunyai toilet.

Perlawanan melawan status quo dimasyarakat memang diketahui akan menjadi happy ending, bahkan kalau dibilang akhirnya terlalu gampang ditebak dan tidak ada drama yang mengundang penasaran akan seperti apa akhirnya, tapi sebagai sebuah hiburan yang utuh film ini cukup mewakili hal tersebut dan kamu wajib nonton untuk tahu keseruan apa yang ada sepanjang film.

Genre Comedy, Drama Actor Akshay KumarAnupam KherBhumi PednekarSachin KhedekarSana Khaan
Director Shree Narayan Singh Country India
Duration IMDb
7.6 /10
Release 11 August 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *